Info Terkini

10/recent/ticker-posts

"Alogo Marombus" Sejukkan Pesta Jubileum 110 Tahun GKPS Haranggaol

Barisan Prosesi dari GKPS Haranggaol menuju Tanoh lapang Haranggaol, Minggu 26 Juni 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

KLIK (Foto Lengkap Pesta J110 GKPS Haranggaol)
Drum Band SMP GKPS Haranggaol

Ephorus GKPS dan Ketua Umum

Sekda Simalungun dan Camat Haranggaol.

Keunikan makan sepiring besar.

Duet Ephorus GKPS dan Sekda Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih

Praeses GKPS Distrik III Pdt Jonesman Saragih STh MM (paling kiri) bersama Fultimer GKPS Distrik III lainnya juga menyumbangkan Lagu Simalungun "Elvi". Foto Asenk Lee Saragih
BeritaSimalungun.com, Haranggaol-Suasana Puncak Pesta Jubileum 110 Tahun Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Haranggaol disejukkan "alogo marombus" (Angin Sepoi-sepoi) Danau Toba di Tanoh Lapang Haranggaol, Minggu 26 Juni 2016.(Videoklip Suara Foto Kotbah Ephorus GKPS di Pesta J110 Tahun GKPS Haranggaol)

Ibadah Raya Puncak J110 GKPS Haranggaol itu dihadiri Ephorus GKPS Pdt Martin Rumanja Purba MSi dan Inang, Sekda Pemkab Simalungun Gideon Purba beserta undangan lainnya.

Acara dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan Prosesi Ephorus GKPS, Fulltimer GKPS Se Distrik III dan Panitia Umum dan Panitia Lokal serta Pimpinan Majelis GKPS Haranggaol dari Gereja GKPS Haranggaol menuju Tanoh Lapang. Barisan prosesi diiringi Drum Band SMP GKPS Haranggaol.

Suasana ibadah Raya berjalan dengan baik dan hikmat. |Agin Marombus' Danau Toba menyejukkan susana ibadah raya tersebut. Walau terik matahari, namun angin sepoi-sepoi Danau Toba membuat susana ibadah sejuk.

Ibadah dibawakan seluruh Fultimer GKPS Se Distrik III dipandu oleh Pdt Jhon Harapan Purba dan para pendeta asal Haranggaol seperti Pdt Grubert KD Manihuruk STh, Pdt Ariamsah Purba, Praeses GKPS Distrik III Pdt Jonesman Saragih STh MM.

Kotbah disampaikan Ephorus GKPS Pdt Martin Rumanja Purba MSi dari Nats Psalm 116. Dalam kotbahnya disampaikan Pesta J110 GKPS Haranggaol bukan hanya acara seremonial semata. Namun harus menjadi saksi dan aksi nyata untuk meningkatkan ekonomi jemaat seiring Visi dan Misi GKPS. "GKPS harus punya aksi nyata untuk jemaat," katanya.

Ephorus GKPS Pdt Martin Rumanja Purba MSi juga mengingatkan Jemaat GKPS Haranggaol kalau sejarah perjalanan Injil 110 tahun lalu di Haranggaol adalah berawal dari Pekan Langgiung (Haranggaol). Dia juga menyampaikan bahwa warga Haranggaol harus mendukung  Program Pemerintah terkait dengan peningatan Wisata Danau Toba.

Sekda Pemkab Simalungun Gideon Purba pada kata sambutannya mengatakan, agar warga Haranggaol ikut membantu program pemerintah dalam mewujudkan Haranggaol sebagai obyek wisata Danau Toba. 

Pada kesempatan itu Sekda memberikan sumbangan dari Pemkab Simalungun untuk Panitia Rp 10 Juta dan dari pribadi Sekda Simalungun Gideon Purba Rp 4 Juta.

Pada kesempatan itu juga Ephorus GKPS dan Sekda Simalungun membawakan Lagu "Molo Margitar" untuk menghibur jemaat dan undangan. Kemudian Praeses GKPS Distrik III Pdt Jonesman Saragih STh MM bersama Fultimer GKPS Distrik III lainnya juga menyumbangkan Lagu Simalungun "Elvi". 

Lagu "Molo Margitar" dan "Elvi" juga mendapatkan sumbangan dari jemaat dan undangan lainnya. Undangan Perantau asal Haranggaol dan Panitia Umum (Jakarta) juga menyumbangkan lagu Pujian saat ibadah. Selanjutnya juga ada Pujian Vokal Group GKPS Haranggaol.  

Sekretaris Panitia Pelaksana Ir Rikson Saragih STP dalam laporannya menyampaikan sejarah singkat sejarah 110 Tahun GKPS Haranggaol. Penginjilan ke Haranggaol dimulai kali pertama tanggal 15 Februari 1900 yakni ke Siboro daerah kekuasaan Partuanon Purba pada masa lalu.

Saat itu pekabaran Injil bernama "Pardonganon Mission Batak". Mereka pertama kali bertemu dengan Tuan Tiga. Pendeta Batak Mission itu yakni bernama Friedrich Hutabarat. Kemudian melanjutkan penginjilan pada tanggal 16 Februari 1900 ke desa-desa di sekitar Tiga Langgiung Haranggaol.

Pada Pesta Puncak J110 GKPS Haranggaol itu juga tampak meriah dengan diselingi musik Simalungun dari Julia Musik (Saribudolok). Pada pesta itu juga menampilkan Tarian Simalungun dari Anak Sekolah Minggu GKPS Haranggaol.

Pesta juga diselingi dengan penarikan hadiah dorprize. Selanjutnya lelang serta penyematan Ulos Pamonting yang telah ditunjuk. Hasil dari Pesta J110 GKPS Haranggaol untuk pembangunan Gedung Sekolah Minggu GKPS Haranggaol.

Ketua Umum J110 GKPS Haranggaol St John Freddy Purba SE dan Ketua Pelaksana St Rajoki Girsang mengatakan kalau hasil dari pesta itu diperuntukkan untuk pembangunan gedung Sekolah Minggu GKPS Haranggaol.

Karena menurut keduanya, ASM merupakan aset GKPS yang harus mendapatkan perhatian serius, termasuk soal sarana prasarana gedung sekolah minggu. 

Sementara Pimpinan Majelis GKPS Haranggaol St Periamando Haloho mengatakan terimakasih kepada seluruh Panitia yang telah melaksnakan Pesta itu dengan baik. Dia juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Ephorus GKPS dan Inang serta Sekda Kabupaten Simalungun.

Sekitar 250 jemaat dan undangan tampak menikmati puncak Pesta J110 tahun GKPS Haranggaol. Makan bersama juga diladeni oleh panitia dengan baik dengan menu khas pesta ala Haranggaol. Keunikan tampak juga saat makan pada pesta itu. TUNGGU TULISAN EDISI KHUSUS J110 TAHUN GKPS HARANGGAOL.(Asenk Lee Saragih)
     



 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments